Astagafirullah, 2 Milyar?

Sudah tiga minggu berlalu, tapi sampai sekarang kekagetan saya masih saja belum hilang. Sebuah kuis di sebuah televisi swasta benar-benar membuat otak ini tidak bisa berpikir dengan baik dan benar. Sebuah kuis yang menyediakan hadiah 2 Milyar rupiah setiap harinya. Astagafirullah, sudah tidak terhitung kalinya kata itu terlontar dari mulut saya. Bukan karena saya adalah seorang yang kadar keimanannya tinggi sehingga sering mengucap seperti itu, tetapi semata-mata karena saking kagetnya saya.

DUA MILYAR RUPIAH…..Astagafirullah, itu kan nolnya sembilan buah. Tidak terpikirkan oleh saya kuisnya akan seperti apa, atau pertanyaan apa yang ditanyakan dalam kuis tersebut. Walau bukan pengamat perkuisan nasional, tapi cukup banyak kuis yang pernah saya tonton. Mulai dari (kuis) cerdas cermat waktu SD yang berhadiah Tabanas dan paket alat tulis, sampai kuis Siapa Berani di sebuah TV swasta yang berhadiah sepuluh juta rupiah. Tapi itu semua hadiahnya masih dalam orde jutaan, paling banter puluhan juta. Sedangkan di kuis yang saya maksud ini, uang dua milyar lah yang diperebutkan setiap hari.

Astagfirullah…. benar-benar sulit bagi saya untuk membayangkan tentang kuis tersebut.

Anggap saja Olimpiade Fisika Asia yang baru diikuti oleh TOFI adalah sebuah kuis. Sambil merem saja kita pasi akan tahu bahwa soal-soal di kuis fisika tersebut adalah sangat-sangat susah. Namun walaupun ada anggota TOFI yang memenangkannya dengan nilai sempurna, ia hanya mendapatkan hadiah dalam orde jutaan. Yah, ditambah dengan nilai fasilitas yang dipakai selama di luar negri, plus foto dengan Presiden, tetap saja paling banter nilainya masih dalam orde puluhan juta. Anggap saja nilainya adalah 25 juta rupiah, masih 1/80 kali hadiah kuis yang di TV. Secara matematika bisa kita simpulkan bahwa pastinya soal kuis yang di TV 80 kali lebih susah dari pada soal-soal di kuis olimpiade fisika.

Anggap juga mengurus negara ini adalah sebuah kuis yang harus diselesaikan oleh bapak Presiden kita yang tercinta. Sambil kentut saja kita pastinya akan tahu bahwa sangat-sangat-sangat susah untuk mengurus sebuah negara apalagi negaranya adalah Indonesia. Kerusuhan, pergolakan daerah, demo, kenaikan harga BBM, korupsi, utang negara, masalah pendidikan, ancaman wedhus gembel, dll adalah bagian dari kuis yang harus dihadapi bapak Presiden. Dan untuk itu semua, paling-paling beliau hanya mendapatkan hadiah 200 juta rupiah setiap bulannya. Dan itu masih 1/10 kali imbalan yang bakal didapatkan jika kita memenangkan hadiah utama kuis di TV tersebut. Lagi-lagi secara logika matematika saya berpikiran bahwa tentunya pertanyaan-pertanyaan di kuis itu 10 kali lebiih susah dari pada ngurusin Indonesia.

Tapi seperti apakah kuis itu? Nah itu adalah pertanyaan yang selalu saja wara-wiri di pikiran saya setiap kali saya melihat iklan kuis tersebut ditayangkan. Mmm, saya jadi ingat kalau sebelumnya ada kuis juga yang menyediakan hadiah uang yang nolnya juga sembilan buah, kuis Who wants to be A Millionare?. Walau tidak ada pertanyaan hitung-hitungan, kuis ini cukup susah. Orang yang sok pintar seperti saya saja, yang suka sok nebak-nebak jawab tiap kali nonton kuis ini, selalu aja mentok di level aman satu yaitu satu juta rupiah. Walau dikuisnya disediakan tiga jenis bantuan, tetap saja pertanyaan-pertanyaannya cukup sulit untuk dijawab.

Dengan beberapa asumsi yang ada di otak, akhirnya tadi malam saya memutuskan untuk menonton kuis tersebut, dan….

Astagafirullah…lagi-lagi saya mengucap. Seketika saja lidah ini kembali dengan lancarnya mengucap. Dan tadi malam entah berapa kali lagi kalimat itu terucap. Bukannya baik yang ada malah kekagetan saya semakin menjadi-jadi. Kuisnya…Astagafirullah, pertanyaan-pertanyaannya biasa saja. (sebenarnya yang terlontar dari mulut saya campur-campur dengan anj**t, gitu doank!!! ketika sang peserta mendapat hadiah 5 juta rupiah ketika berhasil menjawab nomor sepatu sodaranya…..anj**t!!! maaf, ini hanya karena besarnya rasa kaget saya =p)

Benar-benar tidak bisa dipercaya, kuis tersebut benar-benar membuat otak saya mabok. Bagaimana uang ratusan juta bahkan hadiah utamanya 2 Milyar itu sebegitu gampangnya dihadiahkan.

Astagafirullah, di saat ratusan sekolah ambruk karena tidak punya biaya buat pembangungan, di saat ribuan anak yang putus sekolah karena tidak punya biaya, di saat ratusan ribu buruh ribut-ribut hanya gara-gara hak mereka disunat, di saat jutaan masyarakat bangsa ini hanya makan sekali dua hari, ternyata di sana ada yang begitu darmawannya bagi-bagi uang 2 milyar. Bagaimana tidak darmawan, lawong buat dapat hadiah mobil aja cukup menjawab dengan benar kapan pertama kali sodara kita ciuman dengan pacarnya.

Eh, bagusnya para pejabat negara disuruh ikutan kuis ini aja kali yak, dari pada susah-susah mengkorupsi uang rakyat. Buat korupsi ratusan juta aja butuh kemampuan khusus, belum lagi harus menyiapkan uang sogok sana-sininya, belum lagi resiko ketangkap, yah walau nanti dipenjaranya tetap tidur dikamar ber-AC, tapi kan malu bikin malu keluarga.

Eh, ngomong-ngomong yak..sekarang tu saya malah bingung, kira-kira siapa ya yang sebegitu dermawannya bagi-bagi duit 2 milyar setiap hari? Padahal kan tu uang banyak sekali. Pegawai negri golongan IIIA saja butuh urungan 2000 orang setiap bulannya, itupun kalau uang gaji mereka dikumpulin semua.

Astagafirullah, dari pada bingung, mending jadi orang kaya dah. =)

13 comments

  1. ahh..kan dua milyar tuw nyaris2 ga terbagikan..
    efek heboh aja yang dicari dgn 2 milyarnya….

    kalau menurut saya, justru yang pertanyaan susah*baca:pasti* seperti Who wants to be A Millionare lebih mungkin untuk meraih hadiah utamanya, nyatanya selama ini who wants to be a millionare indonesia hanya mentok di 500jt sebanyak 2 orang..

    jaid 2 milyar nyaris-nyaris ga kesampaian untuk keluar….

  2. ada yg bilang itu acara-acaar kayak gitu dikemas untuk dikonsumsidoank … maksudnya .. sebenarnya hadiah fiktif, peserta adalah “orang dalem” yang dibayar untuk jadi aktor di acara tsb …..

  3. agung · · Reply

    Hmm, membentuk budaya “bermimpi” di masyarakat..
    Memang, buat yang bukan “the have”, hanya mimpi yang bisa terbeli (seperti kata Iwan Fals)
    Btw, beneran tuh mau sama tukang ojeg? =p

  4. @esge+johan+agung : waduh, tadinya saya pengen ikut euy, lumayan buat kawin =p

  5. mo oleh2? dateng aja ke sini…
    btw, ini teh beni yg mana?

  6. Saya juga sempat pernah nonton acara kuis itu. Hadiah yang didapet peserta, paling mentok di orde puluhan juta aja kok Mas…

  7. gak usah dipikir,kl dpt ya syukur,kl gak ya apa boleh buat,mimpi aja terus ampe ampusssss………

  8. Mari kita bikin kuis yang hadiahnya 10 Miliar..
    tapi ya itu… 10 Miliar cuman angka thok.. nggak ada uangnya… :D

  9. setuju!!!
    trend pertelevisian kaya gitu mah jangan dikasih tempat!
    mending dikritisi sejak awal!
    dasar tv koplok!
    read my lips: K-U-I-S T-A-I !

  10. ok setuju pisan…..!
    mendingan tutup aja tuh tv dari pada bikin orang ke asikan dengan mimpi

  11. [...] Pernah menonton kuisnya kan? Kuis super berhadiah uang milyaran di sebuah stasiun tivi. Terus terang saya masih heran dengan kuis ini. Pertama adalah karena besar hadiahnya seperti yang dulu pernah saya tulis. Yang kedua, yang juga tidak kalah membuat saya heran adalah perilaku pesertanya dalam mengikuti kuis.  [...]

  12. zzuper dude · · Reply

    they ain’t no liers man, i’m the living proof yo!

  13. Looh kok sepi, yuk pada ndaftar yuk…lumayan looo klo bisa sampai dapat hehehe piss

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 466 other followers

